Thursday, January 7, 2016

Konsultan Minimarket : Jenis Usaha Ritel Berdasarkan Kategori Barang Dagangan

Jenis usaha ritel berikutnya yang akan dikupas tuntas adalah jenis usaha ritel berdasarkan kategori barang dagangan. Jenis usaha ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :
  1. Speciality Store, yaitu jenis toko ritel yang spesifikasi jenis barang yang dijual yaitu satu jenis barang khusus tertentu. Misalnya toko ritel perhiasan, toko ritel obat-obatan atau apotik, toko ritel kacamata dan lainnya.
  2. Toko Serba Ada atau Toserba, yaitu toko ritel yang menjual sebagian besar barangnya yaitu barang kebutuhan pokok sehari-hari (grocery ritel), fresh food ritel, perishable, dry food, beverages dan cosmestic. Atau saat ini lebih dikenal kategori ritel modern minimarket. Seperti umumnya minimarket-minimarket lokal banyak dimana, begitu juga minimarket level nasional seperti indomaret, alfamart, lion dan lainnya.
  3. Departement Store, jenis yang satu ini sebagian besar produk yang dimiliki merupakan non basic items, atau bukan merupakan kebutuhan pokok. Jenis fashion dan branded item ada di dalamnya. Pola yang dipakai lebih kurang 80% adalah barang konsinyasi. Grocery item hanya sebagai pelengkap assortment. Contoh ramayana, borobudur, pasaraya dan lainnya.
  4. Hyperstore, jenis usaha ritel ini masuk kategori jenis usaha yang memiliki cakupan kategori barang sangat luas dan banyak. Umumnya luas toko jenis usaha ritel ini lebih kurang 10.000 m2. Contoh seperti ritel carrefour atau sekarang dikenal transmart. Hypermart dan Giant juga termasuk di dalamnya.

Dari semua jenis usaha ritel di atas, minimarket yang lebih dominan dalam pengembangan usaha ritel saat ini dan ke depannya. Kenapa? Investasi yang tidak terlalu besar dan jangka panjang menjadikan pilihan kenapa jenis minimarket yang lebih dikembangkan. Ayo tunggu apalagi buat anda yang ingin memiliki usaha jangka panjang. Minimarket bagian dari pilihan yang bisa jadi usaha ritel anda. Cari konsultan minimarket untuk mendampingi anda memulai usaha minimarket. Jangan salah pilih ya, coba baca juga konsultan minimarket buat infornasi lengkap anda. Salam sukses.

No comments:

Post a Comment

Link List

Blog Masterminimarket
Jasa Konsultan Minimarket
EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!