Friday, January 8, 2016

Konsultan Minimarket : 5 Penyebab Pelanggan Meninggalkan Bisnis Minimarket Anda

Dalam bisnis ritel, khususnya ritel modern seperti minimarket, customer service atau pelayanan pelanggan menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan agar pelanggan kita datang kembali dikarenakan kenyamanan yang di dapat. Customer service yang baik saat ini sudah jarang sekali untuk didapatkan dari karyawan minimarket baik lokal maupun level nasional sekalipun. Customer service yang dilakukan hanya setengah hati dan kesan terpaksanya dikarenakan kewajiban sangat terlihat. SDM yang ada saat ini tidak memahami apa itu customer service sebenarnya sehingga banyak pelanggan yang merasa tidak puas alias kecewa. Jika kita ingin membesarkan sebuah bisnis minimarket hindari hal tersebut. Berikut setidaknya ada 5 hal yang menyebabkan pelanggan minimarket kita kabur dan harus dihindari :
  1. Salah menentukan harga, perlu diingat banyak hal variabel terkait dalam penentuan harga jual suatu produk. Jangan sampai salah menetapkan harga, apalagi harga tersebut sudah sampai di mata pelanggan kita. Pelanggan tidak akan mau tahu dengan kesalahan yang dibuat oleh manajemen minimarket kita disaat pelanggan melakukan transaksi dan ternyata ada selisih harga antara yang dilihat dengan yang di sistem. Human error yang sering terjadi saat ini.
  2. Buruknya Pelayanan terhadap pelanggan, hampir sama dengan yang diutarakan sebelumnya, customer service merupakan poin penting untuk memiliki pelanggan loyal.
  3. Suasana toko yang kurang mendukung, seringkali pemilik bisnis minimarket merasa penampilan toko dan suasananya bukan merupakan hal terpenting dari bisnis yang didirikannya. Contoh, redupnya suasana toko karena pencahayaan yang kurang, panas, apalagi yang namanya kotor dimana-mana. 
  4. Tidak mengetahui kompetitor, dengan kata lain pemilik usaha minimarket cenderung tidak peduli atau tidak mau tahu dengan persaingan dalam dunia bisnis minimarket yang ada saat ini. Pemilik minimarket tetap merasa saya adalah saya dan merasa minimarketnya tetap lebih baik dari yang lain. Baca artikel sebelumnya Kesalahan-Kesalahan Dalam Bisnis ini.
  5. Kurang memahami produk yang dijual, jika anda ingin terjun di dunia bisnis apapun itu, ada baiknya pahami produk yang anda jual. Jangan pernah berpikir itu bukan hal yang penting. Banyak manfaatnya jika anda mengetahui mana produk laku dan tidak laku serta hal lainnya yang berhubungan dengan produk,
Nah, semoga bermanfaat 5 penyebab pelanggan meninggalkan bisnis minimarket anda yang kami sajikan. Setidaknya bisa menjadi gambaran umum untuk kita memperbaiki bisnis minimarket kita jika ada termasuk dalam ke 5 poin di atas. Jika anda kurang paham dan yakin silahkan konsultasikan permasalahan anda dengan Konsultan Minimarket yang memahami benar tentang bisnis minimarket. Konsultan minimarket akan mengarahkan kepada anda bagaimana baiknya mengembangkan bisnis minimarket anda dengan aturan-aturan ritel modern. Salam Sukses.
konsultan minimarket
Ide Konsultan Minimarket

No comments:

Post a Comment

Link List

Blog Masterminimarket
Jasa Konsultan Minimarket
EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!